Yayasan Perpustakaan Permainan Papan berdiri pada tahun 2017 di Kota Surakarta. Yayasan ini didirikan oleh suami istri penggemar permainan papan (board game) Erwin J Skripsiadi dan istrinya Nurcahyawati Windri Astuti. Mereka mendirikan perpustakaan permainan papan (board game) pertama di Indonesia di Kota Surakarta. Perpustakaan ini menjadi sebagai cikal bakal berdirinya Yayasan. Dalam pengelolaannya, yayasan saat ini diketuai oleh Hery Prasetya, M.Psi (Psikolog) dan dan dibantu oleh T Arie Setiawan Prasidha M.CS, dosen jurusan game dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga sebagai konsultan.
Foto
Erwin J Skripsiadi dan Nurcahyawati Windri
PENDIRI
Foto
Hery Prasetya, M.Psi (Psikolog)
KETUA YAYASAN
Foto
T Arie Setiawan Prasidha, M.CS
KONSULTAN YAYASAN
BGLib sudah diliput banyak media baik media cetak maupun televisi.
Liputan Media (diemmbed)
https://www.youtube.com/watch?v=JnPA74jlzqI
https://www.youtube.com/watch?v=RY6HdIaB_5U
Mozaik foto dan kegiatan Yayasan
Visi Yayasan
- Menjadi lembaga yang terdepan dalam pelestarian, revitalisasi, pengembangan, dan penyebaran permainan papan tradisional.
- Menjadi lembaga yang mengembangkan permainan papan tradisional menjadi warisan budaya yang mendidik generasi masa depan dan mempererat kembali hubungan antar individu dalam masyarakat.
Misi Yayasan
- Berperan aktif dalam pelestarian permainan papan melalui inventarisasi dan dokumentasi terhadap permainan papan tradisional dan modern, sebagai upaya untuk menjaga kelestariannya sebagai bagian dari kekayaan budaya dunia.
- Berperan aktif dalam pelestarian permainan papan melalui penyusunan arsip digital maupun fisik yang dapat diakses oleh masyarakat luas, memastikan permainan papan tetap dikenal dan terjaga keberadaannya.
- Berperan aktif dalam revitalisasi permainan papan melalui pengembangan dan perancangan ulang desain dan konsep permainan papan tradisional yang sudah langka atau terancam punah atau mulai dilupakan, dan menyesuaikan ulang permainan tersebut untuk generasi masa kini namun tetap mempertahankan nilai-nilai yang dikandung.
- Berperan aktif dalam pelestarian permainan papan melalui integrasi elemen-elemen budaya lokal dan global dalam desain permainan papan yang inovatif dan edukatif.
- Berperan aktif dalam pelestarian permainan papan melalui berbagi praktik baik, serta Berkolaborasi dengan komunitas, institusi pendidikan, serta organisasi lain untuk memperkenalkan dan mengembangkan potensi permainan papan sebagai media pembelajaran dan hiburan.
- Berperan aktif dalam pelestarian permainan papan melalui berbagai program kampanye tentang pentingnya permainan papan dalam pengembangan sosial, pendidikan, dan kognitif melalui berbagai program edukasi dan promosi.
- Berperan aktif dalam pelestarian permainan papan melalui penciptaan permainan papan baru yang kreatif dan berdampak positif bagi masyarakat, dengan melibatkan pihak terkait dari berbagai latar belakang.
- Berperan aktif dalam pelestarian permainan papan melalui dengan membuka akses bagi masyarakat untuk belajar merancang dan memproduksi permainan papan, serta membangun ekosistem yang mendukung industri permainan papan lokal.